Juknis Reportase dari Sekolah/Madrasah: Lomba Jurnalistik Pelajar MA/SMA/SMK Jawa Tengah

Daftar Isi

 

Petunjuk Teknis Lomba Reportase dari Sekolah/Madrasah kolaborasi babad.id dan LP Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah. 

BABAD.ID | Stori Loka Jawa - Babad.id berkolaborasi dengan LP Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah menggelar Lomba Jurnalistik bertajuk “Reportase dari Sekolah & Madrasah”. 

Berikut Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis)nya. 

I. Tema

“Cerita tentang Keunggulan dan Keunikan Sekolah/Madrasah”

II. Jenis Lomba

  • Reportase Tertulis: Tim jurnalistik sekolah memproduksi karya tulis jurnalistik (berita, feature) tentang keunggulan dan keunikan sekolah/madrasah.   
  • Reportase Video: Tim jurnalistik sekolah memproduksi karya video jurnalistik (berita, feature) tentang keunggulan dan keunikan sekolah/madrasah. 

III. Peserta

  • Tim jurnalistik SMA/sederajat se-Jawa Tengah.   
  • Setiap tim terdiri dari 5 orang siswa dan 1 guru pembimbing.  
  • Tim jurnalistik mendaftar secara online melalui link bit.ly/REPORTASEDARISEKOLAH
  • Melampirkan surat rekomendasi dari sekolah/madrasah 
  • Biaya pendaftaran Rp 100.000,- untuk masing-masing kategori
  • Pembayaran melalui transfer ke Rekening Bank Mandiri 1360060310122 An Babad Media Network.

IV. Persyaratan Karya

Reportase Tertulis
  • Tema: Cerita tentang Keunggulan dan Keunikan Sekolah/Madrasah   
  • Bentuk Karya: Berita atau feature
  • Penulisan:
  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar   
  • Jumlah kata 1000 - 1500 kata 
  • Disertai minimal 3 foto dan caption yang relevan dengan isi berita/feature   
  • Karya diketik dengan font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.5, margin normal
  • Pengiriman: Dikirimkan dalam format .doc/.docx melalui bit.ly/KARYAREPORTASEDARISEKOLAH
Reportase Video
  • Tema: Cerita tentang Keunggulan dan Keunikan Sekolah/Madrasah   
  • Bentuk Karya: Berita atau feature
  • Durasi: Maksimal 3 menit
  • Ukuran Video: 1080 x 1920 piksel dengan rasio aspek 9:16
  • Gambar Thumbnail: Disertai minimal 1 gambar thumbnail yang relevan dengan isi berita/feature
  • Pengiriman: 
  • Diunggah ke platform berbagi video (Google Drive)   
  • Tautan video dilampirkan pada formulir online di bit.ly/KARYAREPORTASEDARISEKOLAH
V. Timeline Lomba
  • 31 Januari 2025: Sosialisasi launching lomba.
  • 1 Februari - 30 April 2025: Pendaftaran lomba.
  • 1 Februari-30 April 2025: Pengumpulan Karya. 
  • Mei 2025: Penjurian, pengumuman pemenang, dan pemberian penghargaan.
VI. Mekanisme Lomba
Penjurian: 
Dewan juri terdiri dari praktisi media, akademisi, dan perwakilan babad.id   
Kriteria penilaian meliputi:
  • Kesesuaian dengan tema
  • Orisinalitas dan kreativitas
  • Teknik jurnalistik
  • Kualitas penulisan/visual
  • Impact/daya tarik
Pengumuman Pemenang: 
  • Pemenang diumumkan melalui website dan media sosial babad.id dan LP Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah
  • Pemenang akan dihubungi langsung oleh panitia   
  • Penyerahan hadiah dibarengkan dengan agenda LP Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah
VII. Hadiah

Kategori Reportase Tertulis: 
Juara 1: [Plakat + Rp1.500.000 + sertifikat]
Juara 2: [Plakat + Rp1.250.000 + sertifikat]
Juara 3: [Plakat + Rp1.000.000 + sertifikat]
Juara Favorit: [Plakat + Rp1.000.000 + sertifikat]
Semua peserta mendapatkan sertifikat
Kategori Reportase Video: 
Juara 1: [Plakat + Rp1.500.000 + sertifikat]
Juara 2: [Plakat + Rp1.250.000 + sertifikat]
Juara 3: [Plakat + Rp1.000.000 + sertifikat]
Juara Favorit: [Plakat + Rp1.000.000 + sertifikat]
Semua peserta mendapatkan sertifikat

VIII. Publikasi dan Promosi
  • Website babad.id dan maarifnujateng.or.id
  • Media sosial babad.id dan LP Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah (YouTube, Instagram, TikTok dll)
Kontak
  • Official Babad Media Network: 085875035147
  • reportasedarisekolah@gmail.com
Catatan:
  • Petunjuk teknis ini dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diinformasikan melalui website dan media sosial babad.id dan LP Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah
  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Semoga petunjuk teknis ini bermanfaat!

Posting Komentar